Monday, September 14, 2015

GUIDE IMAGERY



GUIDE IMAGERY

BAB I
PENDAHULUAN

  1. LATAR BELAKANG
Pada dasarnya, kecemasan merupakan hal wajar yang pernah dialami oleh setiap manusia. Kecemasan sudah dianggap sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari. Kecemasan adalah suatu perasaan yang sifatnya umum, dimana seseorang merasa ketakutan atau kehilangan kepercayaan diri yang tidak jelas asal maupun wujudnya (Sutardjo Wiramihardja, 2005:66).
Kecemasan adalah sesuatu yang menimpa hampir setiap orang pada waktu tertentu dalam kehidupannya. Kecemasan merupakan reaksi normal terhadap situasi yang sangat menekan kehidupan seseorang. Kecemasan bisa muncul sendiri atau bergabung dengan gejala-gejala lain dari berbagai gangguan emosi (Savitri Ramaiah, 2003:10).
Untuk mengurangi rasa cemas dapat dilakukan dengan terapi salah satunya Guide Imegery. guided imagery sebagai sebuah teknik yang memanfaatkan cerita atau narasi untuk mempengaruhi pikiran, sering dikombinasi dengan latar belakang musik.   Guided imagery adalah teknik untuk mengarahkan individu untuk fokus dan berkhayal atau berimajinasi.

  1. Tujuan
  1. Mengetahui pengertian dari Guide Imagery
  2. Mengetahui apa saja manfaat dari Guide Imagery
  3. Mengetahui apa saja jenis dari Guide Imagery
  4. Mengetahui proses dari Guide Imagery
  5. Mengetahui cara pelaksanaan Guide imagery

BAB II
PEMBAHASAN

  1. Pengertian Guided Imagery

Imagery merupakan pembentukan representasi mental dari suatu objek, tempat, peristiwa, atau situasi yang dirasakan melalui indra (Snyder,2006). Saat berimajinasi individu dapat membayangkan melihat sesuatu, mendengar, merasakan, mencium, dan atau menyentuh sesuatu (Snyder,2006). Istilah guide imagery merujuk pada berbagai teknik termasuk visualisasi sederhana, saran yang menggunakan imaginasi langsung, metafora dan bercerita, eksplorasi fantasi dan bermain “game”, penafsiran mimpi, gambar, dan imajinasi yang aktif dimana unsur-unsur ketidaksadaran dihadirkan untuk ditampilkan sebagai gambaran yang dapat berkomunikasi dengan pikiran sadar (Academic for Guide Imagery, 2010). Sedangkan dalam kamus Meeriam-Webster (2001) mendefinisikan guided imagery sebagai “salah satu dari berbagai teknik (sebagai rangkaian kata-kata sugesti) yang digunakan untuk menuntun orang lain atau diri sendiri dalam membayangkan sensasi dan terutama dalam memvisualisasikan gambar dalam pikiran untuk membawa respon fisik yang diinginkan (sebagai pengurang stres, kecemasan, dan sakit)”.
Menurut Hart (2008) mendefinisikan guided imagery sebagai sebuah teknik yang memanfaatkan cerita atau narasi untuk mempengaruhi pikiran, sering dikombinasi dengan latar belakang musik.   Guided imagery adalah teknik untuk mengarahkan individu untuk fokus dan berkhayal atau berimajinasi (Naparstek, 2008 dalam Hart, 2008), sedangkan Rank (2011) menyatakan guided imagery merupakan teknik perilaku kognitif dimana seseorang dipandu untuk membayangkan kondisi yang santai atau tentang pengalaman yang menyenangkan.
Dari beberapa pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa guided imagery merupakan teknik untuk menuntun individu dalam membayangkan sensasi apa yang dilihat, dirasakan, didengar, dicium, dan disentuh tentang kondisi yang santai atau pengalaman yang menyenangkan untuk membawa respon fisik yang diinginkan (sebagai pengurang stres, kecemasan, dan nyeri) yang sering dikombinasi dengan latar belakang musik.



  1. Manfaat Guided Imagery

Guided imagery merupakan salah satu jenis teknik relaksasi sehingga manfaat dari teknik ini pada umumnya sama dengan manfaat dari teknik relaksasi yang lain. Para ahli dalam bidang teknik guided imagery berpendapat bahwa imajinasi merupakan penyembuh yang efektif yang dapat mengurangi nyeri, mempercepat penyembuhan dan membantu tubuh mengurangi berbagai macam penyakit seperti depresi, alergi, dan asma. Menurut Snyder (2006), guided imagery telah menjadi terapi standar untuk mengurangi kecemasan dan memberikan relaksasi pada orang dewasa atau anak-anak, dapat juga untuk mengurangi nyeri kronis, tindakan procedural yang menimbulkan nyeri, susah tidur, mencegah reaksi alergi, dan menurunkan tekanan darah (Snyder, 2006).
Guided imagery dapat membangkitkan perubahan neurohormonal dalam tubuh yang menyerupai perubahan yang terjadi ketika sebuah peristiwa yang sebenarnya terjadi (Hart, 2008). Hal ini bertujuan untuk membangkitkan keadaan relaksasi psikologis dan fisiologis untuk meningkatkan perubahan yang menyembuhkan ke seluruh tubuh (Jacobson, 2006). Guided imagery dapat berfungsi sebagai pengalih perhatian dari stimulus yang menyakitkan dengan demikian dapat mengurangi respon nyeri (Jacobson, 2006).
Olness dan Kohen (1996) menyatakan bahwa manfaat penggunaan imagery sebagai pereda nyeri adalah mengurangi kecemasan, meningkatkan penguasaan dan harapan, meningkatkan kerjasama serta mengurangi kecemasan keluarga dan petugas kesehatan (Olness & Kohen, 1996 dalam Genders, 2006).

  1. Jenis Guided imagery
Guided imagery ada 4 jenis yaitu pleasant imagery (imajinasi menyenangkan misalnya membayangkan tempat yang tenang), physiologically focused imagery (imajinasi fokus fisiologis misalnya berfokus pada fungsi fisiologis yang membutuhkan penyembuhan), mental rehearsal (latihan mental misalnya membayangkan tugas tertentu sebelum kejadian), dan receptive imagery (scanning tubuh untuk penyembuhan langsung) (Hart, 2008).

 
  1. Proses Guide Imagery
Telah disebutkan bahwa guided imagery merupakan salah satu strategi nonfarmakologi penatalaksanaan nyeri untuk anak (Hockenberry & Wilson, 2009). Namun guided imagery tidak selalu sesuai untuk semua anak-anak. Kemampuan kognitif anak harus dipertimbangkan sebelum dilakukan guided imagery. Anak-anak perlu mencapai tahap Piaget pra operasional (umur 2-7 tahun) untuk mendapatkan keuntungan dari guided imagery sebagai terapi penatalaksanaan nyeri (Whitaker & McArthut, 1998 dalam Hart, 2008). Menurut Hart (2008), jika seseorang membayangkan suatu hal negatif atau menakutkan dapat meningkatkan rasa sakit atau kecemasan maka hal tersebut dapat dinetralkan dengan pikiran positif atau menenangkan. Pikiran dapat dilatih untuk berfokus pada imajinasi penyembuhan. Jika imajinasi menakutkan atau negatif memiliki kemampuan untuk meningkatkan rasa sakit dan gejala lain yang tidak diinginkan, maka imajinasi positif atau menenangkan dapat mengurangi gejala sakit (Hart, 2008)
Mekanisme atau cara kerja guided imagery belum diketahui secara pasti tetapi teori menyatakan bahwa relaksasi dan imajinasi positif melemahkan sikoneuroimmunologi yang mempengaruhi respon stres. Respon stress dipicu ketika situasi atau peristiwa (nyata atau tidak) mengancam fisik atau kesejahteraan emosional atau tuntunan dari sebuah situasi melebihi kemampuan seseorang, sehingga dengan imajinasi diharapkan dapat merubah situasi stres dari respon negatif yaitu ketakutan dan kecemasan menjadi gambaran positif yaitu penyembuhan dan kesejahteraan (Dossey, 1995 dalam Snyder, 2006).
Respon emosional terhadap situasi, memicu sistem limbik dan perubahan sinyal fisiologis pada sistem saraf perifer dan otonom yang mengakibatkan melawan stres (Snyder, 2006). Mekanisme imajinasi positif dapat melemahkan psikoneuroimmunologi yang mempengaruhi respon stres, hal ini berkaitan dengan teori Gate Control yang menyatakan bahwa “hanya satu impuls yang dapat berjalan sampai sumsum tulang belakang ke otak pada satu waktu “ dan “ jika ini terisi dengan pikiran lain maka sensasi rasa sakit tidak dapat dikirim ke otak oleh karena itu rasa sakit berkurang”. Guided imagery juga dapat melepaskan endorphin yang melemahkan respon rasa sakit dan dapat mengurangi rasa sakit atau meningkatkan ambang nyeri (Hart, 2008).




  1. Penelitian Terkait Penggunaan Guided Imagery pada Anak
Penelitian terkait penggunaan guided imagery pada anak telah banyak dilakukan. Broome dkk (1994) meneliti penggunaan relaksasi dan imagery untuk mengurangi nyeri, kecemasan orang tua dan kecemasan anak yang menjalani perawatan untuk kanker (Broome, 1994 dalam Genders, 2006). Ball, Shapiro dan Monheim (2003) menguji efektivitas guided imagery pada anak yang mengalami nyeri abdomen. Pada penelitian ini sejumlah 22 anak yang berusia 5-18 tahun secara random hanya diberikan latihan nafas dalam saja (sejumlah 10 anak) dan diberikan guided imagery dengan relaksasi otot (sejumlah 7 anak) sedangkan 5 anak mengalami drop out dari penelitian. Hasil penelitian tersebut menyebutkan bahwa anak yang diberikan guided imagery lebih menurun 67 % kejadian nyeri abdomen dibanding dengan yang hanya diberikan nafas dalam saja. Tilburg dkk (2009) meneliti tentang pengaruh audio recorded guided imagery terhadap tingkat nyeri anak dengan nyeri abdomen.
Penelitian ini meneliti 34 anak yang berusia 6-15 tahun dengan nyeri perut yang diambil secara acak 19 anak menerima terapi medis dengan guided imagery dan 15 anak hanya mendapatkan terapi medis saja. Setelah dievaluasi selama 6 bulan, anak yang menerima guided imagery menunjukkan peningkatan kualitas hidup yang lebih baik, penurunan tingkat nyeri, kesakitan, dan menurunkan jumlah periksa ke dokter dibandingkan dengan anak yang hanya mendapatkan perawatan medis saja. Anak yang mendapatkan latihan guided imagery mengalami penurunan nyeri sebesar 63,1 % sedangkan anak yang hanya menerima terapi medis saja mengalami penurunan nyeri perut sebesar 26,7 %. Wang, Sun, dan Chen (2008) telah meneliti pengaruh metode nonfarmakologi terhadap nyeri anak usia sekolah yang dilakukan penusukan vena. Pada penelitian ini terdapat 3 kelompok yaitu kelompok intervensi dengan distraksi audiovisual, kelompok intervensi dengan intervensi psikologis (guided imagery) dan kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa distraksi audiovisual dan intervensi psikologis (guided imagery) lebih efektif mengurangi nyeri, meningkatkan kooperatif anak, dan meningkatkan kesuksesan pelaksanaan prosedur penusukan vena.




F. Pelaksanaan Guided Imagery
Menurut Snyder (2006) teknik guided imagery secara umum antara lain:

Membuat individu dalam keadaan santai yaitu dengan cara:
1) Mengatur posisi yang nyaman (duduk atau berbaring).
2) Silangkan kaki, tutup mata atau fokus pada suatu titik atau suatu benda di dalam ruangan.
3) Fokus pada pernapasan otot perut, menarik napas dalam dan pelan, napas berikutnya biarkan sedikit lebih dalam dan lama dan tetap fokus pada pernapasan dan tetapkan pikiran bahwa tubuh semakin santai dan lebih santai.
4) Rasakan tubuh menjadi lebih berat dan hangat dari ujung kepala sampai ujung kaki.
5) Jika pikiran tidak fokus, ulangi kembali pernapasan dalam dan pelan.

Sugesti khusus untuk imajinasi yaitu:
1) Pikirkan bahwa seolah-olah pergi ke suatu tempat yang menyenangkan dan merasa senang ditempat tersebut
2) Sebutkan apa yang bisa dilihat, dengar, cium, dan apa yang dirasakan
3) Ambil napas panjang beberapa kali dan nikmati berada ditempat tersebut
4) Sekarang, bayangkan diri anda seperti yang anda inginkan (uraikan sesuai tujuan yang akan dicapai/ diinginkan)

Beri kesimpulan dan perkuat hasil praktek yaitu:
1)      Mengingat bahwa anda dapat kembali ke tempat ini, perasaan ini, cara ini kapan saja anda menginginkan
2)      Anda bisa seperti ini lagi dengan berfokus pada pernapasan anda, santai, dan membayangkan diri anda berada pada tempat yang anda senangi

Kembali ke keadaan semula yaitu:
1) Ketika anda telah siap kembali ke ruang dimana anda berada
2) Anda merasa segar dan siap untuk melanjutkan kegiatan anda
3) Anda dapat membuka mata anda dan dan ceritakan pengalaman anda ketika anda telah siap (Snyder, 2006).

Asmadi (2008) juga menjelaskan tentang teknik dalam melakukan guided imagery yaitu mengatur posisi yang nyaman pada klien, dengan suara yang lembut minta klien untuk memikirkan hal-hal yang menyenangkan atau pengalaman yang membantu penggunaan semua indera, minta klien untuk tetap berfokus pada bayangan yang menyenangkan sambil merelaksasikan tubuhnya Teknik pelaksanaan guided imagery pada anak perlu dimodiifikasi sesuai dengan tahap pekembangan anak, kognitif, dan pilihan anak. Waktu yang digunakan untuk pelaksanaan guided imagery pada orang dewasa dan remaja biasanya 10-30 menit, sementara kebanyakan anak-anak mentoleransi waktunya hanya 10-15 menit (Snyder, 2006). Anak tidak suka menutup mata mereka saat berimajinasi (Snyder, 2008).
Guided imagery dapat disampaikan oleh seorang praktisi/ pemandu, video atau rekaman audio. Rekaman audio dalam guided imagery berisi panduan imajinasi atau membayangkan hal-hal yang menyenangkan bagi anak terkait dengan tempat yang menyenangkan misalnya pantai, aktifitas yang menyenangkan bagi anak misalnya makan ice cream. Melalui rekaman audio tersebut anak dipandu relaksasi menarik nafas dalam dan pelan (Snyder, 2006). Relaksasi membuat pikiran lebih terbuka untuk menerima informasi baru yang diberikan (Benson, 1993 dalam Snyder, 2006). Untuk selanjutnya anak dipandu untuk membayangkan hal yang paling menyenangkan dan membayangkan tiap detail hal yang bisa dirasakan oleh semua indera. Anak dipandu untuk membayangkan apa yang dapat dilihat, dirasakan, dibau, dipegang atau disentuh. Rekaman audio ini dapat dimodifikasi dengan latar belakang musik relaksasi (Snyder, 2006). Bersamaan dengan anak dilakukan imajinasi terbimbing ini, prosedur pemasangan infus dilakukan.



BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN
Imagery merupakan pembentukan representasi mental dari suatu objek, tempat, peristiwa, atau situasi yang dirasakan melalui indra (Snyder,2006). Saat berimajinasi individu dapat membayangkan melihat sesuatu, mendengar, merasakan, mencium, dan atau menyentuh sesuatu (Snyder,2006). Istilah guide imagery merujuk pada berbagai teknik termasuk visualisasi sederhana, saran yang menggunakan imaginasi langsung, metafora dan bercerita, eksplorasi fantasi dan bermain “game”, penafsiran mimpi, gambar, dan imajinasi yang aktif dimana unsur-unsur ketidaksadaran dihadirkan untuk ditampilkan sebagai gambaran yang dapat berkomunikasi dengan pikiran sadar (Academic for Guide Imagery, 2010).


DAFTAR PUSTAKA
Atkinson, Rita L & Richard C. 1991. Pengantar Psikologi. Jilid II Terjemahan. Erlangga. Jakarta
Hawari D. 2001. Manajemen Stress, Cemas dan Depresi Edisi Kesatu. FKUI. Ja-karta.

No comments:

Post a Comment